TAFSIR AL-MISHBAH
TERDIRI DARI 15 JILID (257 – 765 HALAMAN/JILID)
HARD COVER, KERTAS ISI HVS
DI BUAT OLEH M. QURAISH SHIHAB
DITERBITKAN OLEH LENTERA HATI
JILID I (AL-FATIHAH s/d AL-BAQOROH)
JILID II (AL-AN’AM)
JILID III (IBRAHIM s/d AL-ISRO)
JILID IV (ASY-SYURA s/d AL-ANKABUT)
JILID V (AD-DUKHAN s/d AL-WAQIAH)
JILID VI (ALI IMRON s/d AN-NISA)
JILID VII (AL-A’RAF s/d AT-TAUBAH)
JILID VIII (AL-KAHF s/d AL-ANBIYA)
JILID IX (AR-RUM s/d YASIN)
JILID X (AL-HADID s/d AL-MURSALAT)
JILID XI (AL-MAIDAH)
JILID XII (YUNUS s/d AR-RAD)
JILID XIII (AL-HAJJ s/d AL-FURQON)
JILID XIV (ASH-SHAFFAT s/d AZ-ZUKHRUF)
JILID XV (JUX ‘AMMA)
TAMPILAN | MANFAAT |
TERDAPAT PENDAHULUAN SEBELUM MASUK KE JUMLAH AYAT, DIMANA DITURUNKANNYA | PEMBACA MENDAPATKAN GAMBARAN DASAR TENTANG |
CONTOH : SURAH AL-WAQI’AH (ISI PADA PEMBATAS SURAH) SURAH INI TERDIRI DARI 96 AYAT, TERMASUK GOLONGAN SURAH-SURAH MAKKIYYAH, DITURUNKAN SESUDAH SURAH THAHA, BERNAMA AL-WAQI’AH YANG BERARTI “HARI KIAMAT” DIAMBIL DARI AYAT PERTAMA. (ISI PADA PENDAHULUAN/PENGANTAR) - MERUPAKAN SALAH SATU SURAH YANG TURUN SEBELUM NABI SAW BERHIJRAH, TETAPI - NAMA AL-WAQIAH SUDAH DIKENAL PADA MASA NABI SAW, KETIKA SAYYIDINA ABU BAKAR RA MENYAMPAIKAN KEPADA NABI….. - TEMA SURAH INI ADALAH URAIAN TENTANG HARI KIAMAT SERTA PENJELASAN ……… - MERUPAKAN SURAH KE 46 DARI SEGI PERURUTAN TURUNNYA, SETELAH THAHA & SEBELUM ASY-SYURA’. JUMLAH AYAT 99 MENURUT MAYORITAS PAKAR QIROAT | |
TERDAPAT PENDAHULUAN SEBELUM MASUK KE JUMLAH AYAT, DIMANA DITURUNKANNYA SURAT, SURAT YANG DITURUNKAN SEBELUM SURAT TERSEBUT, PENGAMBILAN NAMA SURAT, HUBUNGAN DENGAN SURAH LAIN, GAMBARAN MENYELURUH TENTANG ISI SURAT & ASBABUN NUZUL | PEMBACA MENDAPATKAN GAMBARAN DASAR TENTANG |
CONTOH : SURAH AL-WAQI’AH (ISI PADA PEMBATAS SURAH) SURAH INI TERDIRI DARI 96 AYAT, TERMASUK GOLONGAN SURAH-SURAH MAKKIYYAH, DITURUNKAN SESUDAH SURAH THAHA, BERNAMA AL-WAQI’AH YANG BERARTI “HARI KIAMAT” DIAMBIL DARI AYAT PERTAMA. (ISI PADA PENDAHULUAN/PENGANTAR) - MERUPAKAN SALAH SATU SURAH YANG TURUN SEBELUM NABI SAW BERHIJRAH, TETAPI - NAMA AL-WAQIAH SUDAH DIKENAL PADA MASA NABI SAW, KETIKA SAYYIDINA ABU BAKAR RA MENYAMPAIKAN KEPADA NABI….. - TEMA SURAH INI ADALAH URAIAN TENTANG HARI KIAMAT SERTA PENJELASAN ……… - MERUPAKAN SURAH KE 46 DARI SEGI PERURUTAN TURUNNYA, SETELAH THAHA & SEBELUM ASY-SYURA’. JUMLAH AYAT 99 MENURUT MAYORITAS PAKAR QIROAT | |
SETIAP | PEMBACA MENJADI LEBIH MUDAH DALAM MEMAHAMI KANDUNGAN |
CONTOH : SURAH AL-WAQI’AH | |
DALAM PENERJEMAHAN / PENJELASAN AYAT, DIBUBUHI KALIMAT-KALIMAT PENEGASAN (PENJELASAN) | PEMBACA LEBIH MUDAH DALAM MEMAHAMI AYAT, KARENA KALIMAT MENJADI MENGALIR & JELAS |
CONTOH : SURAH AL-WAQI’AH ﺭﺍﻓﻌﺔ ﺧﺎﻓﻀﺔ ()ﮐﺎﺫﺑﺔ ﻠوﻗﻌﺘﻬﺎ ﻠﻴﺲ () ﺍﻠوﺍﻗﻌﺔ وﻗﻌﺖ ﺇﺫﺍ “Apabila terjadi kejadian itu. Tidak seorangpun menyangkut kejadiannya yang dapat dia dustakan. Ia sangat merendahkan lagi meninggikan” ………………….APABILA TERJADI KEJADIAN ITU YAKNI HARI KIAMAT. TIDAK SEORANGPUN MENYANGKUT KEJADIANNYA YAKNI KEPASTIAN KEJADIANNYA DAN KEADAAN YANG TERJADI KETIKA ITU, KECIL ATAU BESAR, RINCI ATAU GLOBAL, MENYENANGKAN ATAU MENYUSAHKAN YANG DAPAT DIDUSTAKAN YAKNI DIA SANGKAL. KARENA SEGALA SESUATU NAMPAK JELAS DAN PASTI. IA YAKNI PERISTIWA ITU SANGAT MERENDAHKAN DAN MENYENGSARAKAN KELOMPOK TERTENTU YAKNI YANG DURHAKA KEPADA ALLAH LAGI MENINGGIKAN DAN MEMBAHAGIAKAN KELOMPOK YANG LAIN YAKNI YANG TAAT KEPADANYA. | |
TERDAPAT PENJELASAN UNTUK KALIMAT YANG TERDAPAT DALAM AYAT | PEMBACA LEBIH MEMAHAMI AYAT, KARENA BERANGKAT DARI ARTI / PENGERTIAN PER-KATA DALAM AYAT |
CONTOH : SURAH AL-WAQI’AH ﺭﺍﻓﻌﺔ ﺧﺎﻓﻀﺔ ()ﮐﺎﺫﺑﺔ ﻠوﻗﻌﺘﻬﺎ ﻠﻴﺲ () ﺍﻠوﺍﻗﻌﺔ وﻗﻌﺖ ﺇﺫﺍ “Apabila terjadi kejadian itu. Tidak seorangpun menyangkut kejadiannya yang dapat dia dustakan. Ia sangat merendahkan lagi meninggikan” ………………………............................................................... AYAT DI ATAS MENAMAI HARI KIAMAT DENGAN (أﻠوﺃﻗﻌﺔ) /KEJADIAN ATAU PERISTIWA AYAT INI HANYA MENAMAI PERISTIWA, KARENA KEJADIANNYA SEDEMIKIAN JELAS & PASTI, SEHINGGA WALAUPUN TIDAK DIJELASKAN PERISTIWA APA ITU,SEHARUSNYA SEMUA MANUSIA TELAH MENGETAHUINYA. KATA YANG DIGUNAKAN AYAT DI ATAS DIBUBUHI (أﻝ) PADA AWALNYA YANG DINAMAI AL KAMAL DAN DIBUBUHI PULA (ﺔ) PADA AKHIRNYA YANG DINAMAI TA AL-MUBALLAGHAH UNTUK MENGISARATKAN BETAPA HEBAT DAN SEMPURNANYA PERISTIWA ITU. TIDAK FIRMANNYA ; (ﺧﺎﻓﻀﺔ ﺭﺍﻓﻌﺔ ), TERAMBIL DARI KATA……………… | |
UNTUK BEBERAPA KALIMAT/KATA, DIBERIKAN RUJUKAN BAGI PEMBACA JIKA INGIN MENGETAHUI PENJELASAN LEBIH LANJUT PENYEBUTAN SUMBER (YANG MENGELUARKAN) PENDAPAT | PEMBACA MENGETAHUI BAHAN/RUJUKAN LAIN YANG BERHUBUNGAN PEMBACA MENGETAHUI DARI MANA DASAR LANDASAN TENTANG SUATU PENDAPAT |
CONTOH : ﺍﻠﺑﯾﺎﻦ ﻋﻠﻣﻪ (Ayat ke empat surah Ar-Rahman) ……………………………………BAHKAN MENURUT AL – BIQA’I, KATA PEMBAHASAN LEBIH LUAS MENYANGKUT ANUGERAH ALLAH TENTANG AL-BAYAN INI DIKEMUKAKAN OLEH SAYYID QUTHUB. RUJUKLAH KE |
KESIMPULAN
DARI CARA PENYAJIAN TERSEBUT ;
- PENDAHULUAN
- PENGELOMPOKAN AYAT
- PENJELASAN KATA DALAM AYAT
- PENJELASAN YANG MENGALIR
- INFORMASI TENTANG RUJUKAN LAIN YANG BERHUBUNGAN
- DLL
SANGAT TEPAT SEKALI JIKA TAFSIR INI DIBERI TEMA/JUDUL
“PESAN, KESAN & KESERASIAN AL-QUR’AN”
0 Responses to "TAFSIR AL-MISHBAH"
Post a Comment